Gunung Bromo, Nikmati Pengalaman yang Nyata

10/22/2020

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung paling terkenal di Indonesia. Dengan pemandangannya yang menakjubkan dan matahari terbit yang indah, pengunjung pasti akan jatuh cinta padanya. Namanya yang indah berasal dari dewa Hindu, Brahma. Gunung itu juga memiliki legenda sendiri, di mana seorang pangeran pemberani mengorbankan hidupnya untuk keluarganya. Setiap tahun, selama festival tahunan yang dikenal sebagai "Kasada", orang menempatkan makanan dan uang di kawah gunung berapi untuk memperingati pengorbanan pangeran.

Bromo terletak di tengah dataran yang dikenal sebagai Lautan Pasir atau Laut Pasir dan telah menjadi cagar alam yang dilindungi sejak tahun 1919. Walaupun merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia, terakhir meletus pada bulan Februari 2016, namun juga merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Gunung yang paling banyak didaki. Faktanya, hiking Bromo termasuk dalam sepuluh besar aktivitas yang harus dilakukan di Indonesia. Juni, Juli dan Agustus adalah bulan-bulan yang tepat untuk dikunjungi untuk mengurangi kemungkinan hujan, tetapi tentu saja ada lebih banyak turis di musim ini.

Gunung Bromo terkenal dengan keindahan matahari terbitnya. Pemandangan yang menakjubkan dan halus sangat mencengangkan selama waktu-waktu ini. Melihat matahari terbit dan memancarkan sinar keemasannya di atas gunung berapi aktif, Anda akan setuju bahwa ini adalah pengalaman yang surealis dan luar dunia. Matahari terbenam juga menjadi daya tarik yang populer bagi mereka yang tidak ingin bangun pagi-pagi sekali.

Setelah mencapai titik pengantaran di Bromo, Anda perlu mendaki sekitar 100m ke titik pandang dan menunggu matahari terbit. Karena Anda akan menghabiskan beberapa jam di sudut pandang, bawalah jaket tebal, sarung tangan, dan topi wol untuk melindungi Anda dari dingin yang menggigit karena suhu dapat turun hingga serendah delapan derajat.

Selain berkemah untuk lebih berpetualang, terdapat hotel dan resor bagi pengunjung yang lebih mengutamakan kenyamanan dan relaksasi. Bromo Terrace Hotel adalah salah satu dari sekian banyak hotel di Bromo. Harganya terjangkau Rp1.2 juta dengan fasilitas bagus dan pemandangan indah. Ada banyak pilihan hotel yang sesuai dengan anggaran Anda.

Saat Anda berjalan kembali, Anda pasti akan merasakan bahwa pemandangan yang menakjubkan membuat keberanian di pagi hari dan dinginnya lebih dari berharga.

Bandara terdekat ke Bromo adalah Bandara Juanda di Surabaya. Anda bisa menggunakan jasa agen Dealer Mobil di Surabaya untuk merencanakan perjalanan mulus ke Bromo jika Anda mau.