Melihat Pesona Musim Panen di Cancar, Pulau Flores

10/22/2020

Sawah bukan hanya sebagai lahan untuk bertabur benih atau bahkan ladang untuk bercocok tanam tanaman semusim yang rawan hama. Sebenarnya lebih dari itu. Cancar, sebuah desa kecil di sebelah barat pulau Flores mampu menunjukkan betapa persawahan bisa menjadi sumber kearifan lokal, untuk merayakan tradisi dan budaya masyarakat setempat. Saya cukup beruntung akhirnya bisa menyaksikan musim panen yang mempesona di Cancar.

Gerbang landasan pacu Bandara Komodo menyambut baik saya saat pesawat mendarat. Saat itu cerah di bandara sehingga saya tidak melihat awan kelabu. Jarak tempuh dari Bandara Komodo ke Cancar di Kecamatan Manggarai kurang lebih 120 kilometer dan bisa ditempuh dengan mobil atau minibus, memakan waktu sekitar empat jam. Setelah perjalanan panjang, matahari telah terbenam dan angin semakin dingin saat minibus melewati satu kota ke kota lain. Pemandangan perbukitan hijau yang memesona akhirnya berubah menjadi hamparan sawah emas dengan beberapa rumah. Akhirnya, pengemudi mengumumkan sambil menguap bahwa kami akhirnya tiba di Cancar.

Secangkir Kopi Manggarai

Saya tiba di Cancar pada pertengahan Mei, ketika musim panen dimulai dan cuaca sangat dingin. Selama saya tinggal di desa seribu sawah ini, saya menginap di rumah Faldo. Faldo adalah seorang pria muda yang ramah yang saya temui saat berjalan-jalan di pasar tradisional. Rumahnya terletak persis di depan sawahnya sendiri, yang siap ditebang karena warna nasinya sudah berubah menjadi emas dan bulirnya mudah terkelupas. Ketika kami sedang bersantai di ruang tamu bersama keluarganya, Faldo meminta saya untuk pergi ke sawah keesokan harinya karena dia akan memanen padi; dan tentu saja, saya mengiyakan.

Keesokan harinya, kami pergi bersama ke sawah untuk memanen padi. Setiap orang memiliki perannya masing-masing. Para perempuan, dengan penutup bedak penuh, bertanggung jawab untuk menjentikkan tanaman padi, sementara para pemuda, termasuk Faldo dan saya, bertugas mengangkut padi yang sudah dipotong ke penggilingan. Itu tidak terlalu sulit tetapi cukup menantang bagi saya. Yang perlu saya lakukan hanyalah menunggu karung diisi dan kemudian mengambilnya. Tapi kami harus hati-hati saat melintasi sawah, kalau tidak, kami akan tergelincir ke dalamnya. Di tempat lain, banyak laki-laki yang akan menata tanaman padi sebelum menggilingnya. Semua orang melakukan tugas mereka dengan senang hati dan begitu pula saya.

Hal yang paling menarik saat musim panen adalah menikmati secangkir kopi Manggarai dan jajanan tradisional saat istirahat, sembari duduk bersama di sawah membicarakan banyak hal, seperti tentang panen dan rencana mereka menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi. Semuanya berbaur tanpa harus berusaha menyesuaikan diri. Bagi Faldo, sawah adalah rumah untuk berbagi kebersamaan dengan seluruh anggota keluarganya.

Perburuan Tikus

Setelah mengumpulkan semua tanaman padi, langkah selanjutnya adalah menggiling padi dengan mesin giling. Wanita tidak terlibat dalam proses ini, tetapi pria terlibat. Butuh waktu dua jam untuk menyelesaikan seluruh tugas. Setelah semua pekerjaan selesai, kami melakukan hal yang sudah lama ditunggu; berburu tikus! Kegiatan inilah yang menjadi alasan mengapa anak-anak pergi ke sawah dan menunggu proses panen selesai.

Untuk berburu tikus, kami perlu menyiapkan sebatang kayu dan linggis. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan lubang di persawahan yang digunakan tikus untuk sarangnya. Salah satu dari kami akan menggali lubang untuk menyeret tikus keluar dari sarangnya, sementara yang lain akan berjaga di sekitar lubang. Ketika tikus keluar dari sarangnya, kami siap untuk memukulnya dengan sepotong kayu. Itu memang sangat kejam.

Jika tikus bisa melarikan diri dari kerumunan, mereka akan mengejarnya bersama. Dan jika mereka kehilangan jejak tikus, mereka akan berpisah. Begitu salah satu dari mereka menemukan tikus itu lagi, mereka akan berteriak dan memburu mereka bersama. Faldo bercerita lucu bahwa saat mereka menggali lubang, alih-alih mengundang tikus keluar, seekor ular muncul dan mereka lari. Ternyata mereka juga takut pada ular.

Setelah mereka berburu tikus, mereka akan dikonsumsi sebagai camilan atau bahkan makanan. Mereka akan memanggang atau menggoreng tikus, tetapi kebanyakan mereka menggorengnya. Saya mencobanya, dan bagi saya, rasanya seperti ayam. Tetapi saya tidak berhasil menyelesaikan seluruh makanan karena saya masih memikirkan perburuan brutal dari malam sebelumnya.

Namun perburuan tikus cukup bermanfaat, karena diakui Faldo, karena tikus diburu pada musim panen, populasinya berkurang secara signifikan pada musim tanam. Dengan demikian, sawah akan aman dari serangan tikus yang menjadi hama bagi petani.

Melacak Sawah Jaring Laba-laba

Sawah adalah ikon Cancar. Keberadaan mereka tidak lepas dari sejarah peradaban masyarakat setempat. Ketertarikan saya pada fakta ini membuat saya berkunjung ke Desa Cara, yang berjarak 20 menit berjalan kaki dari pusat kota Cancar. Ada persawahan jaring laba-laba atau lingko, yang titik tengahnya dikelilingi beberapa persawahan berbentuk segitiga.

Jika kita melihat dari atas bukit, akan jelas terlihat seperti jaring laba-laba raksasa. Ukuran persawahan yang proporsional membuatnya sempurna. Lokasinya yang strategis di sekitar perbukitan hijau dan tanaman padi keemasan saat musim panen membuat pemandangan yang menakjubkan. Di sisi lain, saya berpikir bagaimana bisa sawah ini ada?

Bagi warga sekitar lingko bukan sekadar pemandangan yang mengesankan, tetapi juga merupakan identitas yang menyimpan sejarah peradaban di masa lalu. Dari seorang tokoh masyarakat di desa tersebut, saya mengetahui bahwa lingko adalah hasil dari sistem pembagian warisan di masa lalu. Saat itu, kepala suku akan membagi tanahnya sebagai warisan kepada rakyatnya dengan membuat sawah berbentuk jaring laba-laba. Setiap sawah dari lapisan tengah hingga luar akan mewakili setiap desa yang akan dibagi menjadi slot-slot kecil untuk setiap keluarga. Mereka mengira bahwa jaring laba-laba adalah bentuk yang proporsional untuk pembagian tanah.

Saya harus mengakui bahwa sawah jaring laba-laba adalah warisan sejarah yang menakjubkan. Sayangnya, kepemilikan sebagian lahan sawah kini menjadi milik ibu kota karena mereka sudah menjual sawahnya. Saya berkunjung ke pusat lingko dan bertemu dengan petani setempat. Sebagian dari mereka adalah buruh tani dan mereka khawatir sawah akan dialihkan ke kegunaan lain untuk memenuhi keinginan pemiliknya. Saya tidak bisa membayangkan seperti apa jadinya jika diubah menjadi resor atau bangunan modern lainnya. Saya sangat berharap tidak.

Create your website for free! This website was made with Webnode. Create your own for free today! Get started