Panduan ke Tugu Pahlawan dan Museum 10 November Surabaya

10/22/2020

Jika Anda hanya punya waktu sehari untuk mempelajari masa lalu Surabaya, maka Tugu Pahlawan dan Museum 10 November Surabaya adalah tempat yang tepat.

Dibangun pada tanggal 10 November 1951, Tugu Pahlawan merupakan ikon utama kota Surabaya; telah diakui sebagai salah satu dari 10 tujuan liburan terbaik Indonesia oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.

Seperti namanya, Tugu Pahlawan bertujuan untuk memperingati pertempuran heroik antara Surabaya dan pasukan sekutu pada 10 November 1945. Tugu setinggi 41.15 meter itu didesain menyerupai paku terbalik, menunjukkan kekuatan Surabaya untuk mengusir penjajah dengan meletakkan paku besar terbalik di jantung kota.

Pada tahun 2000, Museum 10 November dibuka untuk umum untuk memamerkan koleksi sejarah dari masa perang. Terletak tujuh meter di bawah tanah, museum ini terinspirasi oleh arsitektur Musee du Louvre di Paris, Prancis - dengan kubah segitiga ikonik dan pola kaca klasik. Tapi ini bukan hanya sekedar bangunan unik. Masuklah ke dalam dan Anda akan menemukan ruang pameran yang sangat modern, dua lantai, 3.700 meter persegi dengan lebih dari 350 artefak dan tampilan multimedia, serta auditorium untuk mengadakan pertemuan. Bahkan ada pojok anak-anak, kafe, dan suvenir bagus untuk dibawa pulang. Di dekatnya, Anda juga bisa menemukan perpustakaan lengkap dan masjid kecil.

Pameran Permanen di Museum 10 November Surabaya

Museum ini dibagi menjadi empat zona; yang pertama menceritakan tentang Indonesia pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945 termasuk pembentukan polisi, angkatan bersenjata, dan pemerintahan. Ini juga menampilkan barang-barang bersejarah yang digunakan selama acara, seperti kamera tua, mesin tik, tas P3K, dan kalender. Sedangkan zona kedua adalah tentang peristiwa pasca kemerdekaan di Surabaya, misalnya tragedi perampokan bendera di Hotel Yamato, penyerangan di Markas Keinpeitai, dan invasi Inggris ke Surabaya. Zona ini juga menampilkan radio tua Bung Tomo yang memutarkan pidato yang ia ucapkan saat perang untuk menyulut semangat masyarakat Surabaya dalam melawan pasukan Inggris.

Selanjutnya, zona ketiga adalah ruang besar di lantai dua dengan berbagai koleksi persenjataan tua serta tampilan visual dan interaktif serta instalasi video imersif yang menampilkan kronologi perang. Terakhir, zona terakhir di lantai bawah memamerkan koleksi pribadi Walikota Jenderal H. R. Muhammad, foto-foto lama RS Simpang, miniatur Markas Keinpeitai, peta jalur evakuasi, dan RS Simpang. Jangan lupa untuk melengkapi wisata museum Anda dengan menonton film pendek tentang perang secara gratis setiap hari Minggu atau hari libur nasional. Anda bisa bertanya ke pusat informasi untuk jadwal lengkapnya.

Ada lebih banyak hal yang dapat dilakukan di kompleks Tugu Pahlawan di luar monumen dan museum. Baca terus untuk mengetahui apa lagi yang harus dilakukan di sana.

Tur Berpemandu Gratis

Jika Anda bukan tipe orang yang membaca setiap plakat di samping setiap pajangan, mengikuti tur gratis dengan pakar museum adalah cara terbaik Anda untuk menyerap semua informasi dan menjawab pertanyaan Anda. Tur tersedia di meja informasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris; durasi tur akan tergantung pada galeri mana yang Anda kunjungi.

Kegiatan Hiburan

Pelajari lebih lanjut tentang sejarah Surabaya dengan cara yang menyenangkan dengan menonton pertunjukan teatrikal dua kali sebulan, setiap Minggu pagi di Taman Tugu Pahlawan. Pertunjukan tersebut akan dibawakan oleh komunitas lokal dengan kostum yang menarik dan alur cerita yang menarik. Follow @museumtupal di Instagram untuk mengetahui jadwal lakon dramanya.

Usai menyaksikan pertunjukan teater, Anda juga bisa menikmati pertunjukan musik pengamen lokal di museum. Penampilnya bervariasi setiap hari Minggu.

Pro-tip: Minta lagu favorit Anda dan bernyanyi bersama dengan pengunjung lain!

Tempat Selfie dan Penyewaan Kamera

Abadikan momen terbaik Anda di kompleks Tugu Pahlawan dengan menyewa kamera profesional hanya dengan Rp50.000 per jam. Jika Anda datang dalam rombongan yang sangat besar, ada seorang fotografer di depan pintu masuk Tugu Pahlawan yang siap untuk mengambil foto Anda dan rombongan. Ini bisa langsung dicetak dan Anda bisa memilih pose mana yang paling Anda sukai. Namun, layanan ini memerlukan biaya tambahan, tergantung jumlah foto yang diambil. Anda juga bisa berfoto selfie di beberapa spot selfie yang ada di museum. Ada mural artistik dan spot selfie ikonik di pintu keluar yang bisa kamu pilih untuk dijadikan background selfie.

Pojok Anak-anak

Hibur anak-anak Anda di Kids 'Corner di mana Anda dapat bermain dengan mereka secara gratis. Ada banyak sekali permainan yang tersedia, seperti permainan papan, permainan tradisional, permainan edukatif, serta boneka dan squishy. Ini akan menyenangkan, waktu berkualitas bersama seluruh keluarga Anda setelah hari yang panjang di museum!

Perpustakaan

Masih penasaran dengan sejarah Surabaya? Datanglah ke perpustakaan Tugu Pahlawan dan Museum 10 November Surabaya. Temukan ratusan buku tentang sejarah kolonialisme di Surabaya serta pertempuran 10 November. Namun, Anda wajib membaca buku di perpustakaan karena dilarang membawanya pulang.

Toko

Ada toko suvenir kecil di dekat pintu keluar yang menyimpan cinderamata bertema Surabaya, seperti kaus oblong, mug, gantungan kunci, bendera, dan bahkan buku tentang pertempuran antara Surabaya dan pasukan Inggris. Selain itu, Anda juga bisa menemukan makanan ikan untuk memberi makan ikan di kolam ikan yang ada di sekitar museum. Toko buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang.

Kafe

Beristirahatlah di kafe kecil di kompleks Tugu Pahlawan bernama Pahlawan Café yang menyajikan makanan khas Indonesia, seperti pecel, rawon, dan mie goreng. Jangan lupa untuk mencoba jajanan khas mereka, seperti pisang goreng dan tahu goreng juga! Mereka juga memiliki banyak minuman berbeda untuk dipilih, seperti teh, kopi, dan susu. Kafe buka Selasa hingga Minggu, mulai pukul 08:00 hingga 16:00.

Informasi Tugu Pahlawan dan Museum 10 November Surabaya

Tugu Pahlawan dan Museum 10 November Surabaya terletak di Jalan Pahlawan, 60174, Surabaya. Museum ini buka setiap hari, dari jam 8 pagi sampai 4 sore setiap hari kerja dan dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore setiap akhir pekan dan pada hari libur nasional. Ada akses gratis untuk pelajar dengan menunjukkan kartu pelajar tetapi Anda harus membayar biaya Rp5.000 jika Anda bukan pelajar. Ada pengurangan 10 persen untuk grup yang terdiri dari 30 orang dan 15 persen untuk grup yang terdiri dari 100 orang. Datang dan nikmati Tugu Pahlawan dan Museum 10 November Surabaya, worth it banget!